5 Tips Memilih Water Heater yang Bagus

Water heater atau umumnya disebut pemanas air, merupakan salah satu perangkat penting dalam rumah yang memberikan kemudahan ketika ingin menggunakan air panas. 

Mengingat ada beragam jenis dan fitur yang canggih, menemukan water heater yang sesuai dengan kebutuhan pribadi memerlukan berbagai pertimbangan. 

Dalam acara kolaborasi Traveloka dan Ariston, Gardewa Santana, Digital Marketing & E-Commerce Manager Ariston Indonesia membagikan tips panduan memilih water heater yang tepat untuk rumah dan sesuai kebutuhan keluarga.

Dikutip dari Popmama.com, berikut tips memilih water heater yang perlu diperhatikan sebelum membeli.

1. Memilih jenis water heater yang cocok

Menurut Gardewa, langkah pertama yang harus dipersiapkan yaitu menentukan jenis pemanas air yang cocok dengan kebutuhanmu. 

Ada beberapa pilihan, seperti pemanas air listrik, pemanas air tenaga surya, pemanas air gas, dan pemanas air tipe heat pump. 

Kamu perlu memutuskan apakah ingin yang memiliki tangki penyimpanan air atau tidak.

2. Sesuaikan kapasitas tangki dengan jumlah orang di rumah

Setelah itu, perlu diperhatikan juga berapa banyak orang di rumah yang akan menggunakan pemanas air. Ini tentu akan memengaruhi ukuran tangki air yang diperlukan. 

Pilihlah tangki yang sesuai kebutuhan agar kamu tidak harus menunggu lama ketika membutuhkan air panas.

“Kita harus tau kapasitas yang cocok untuk keluarga. Contohnya, misalkan satu rumah berisi 1-2 orang, maka tangki yang cocok berkapasitas 15 liter,” kata Gardewa.

3. Periksa kapasitas listrik rumah anda

Sebelum memutuskan water heater, pastikan juga mengecek kapasitas listrik di rumah. Biasanya, pemanas air memerlukan daya listrik sekitar 350 Watt atau lebih, namun tergantung jenis dan ukurannya. 

Pastikan penggunaan water heater tidak mengganggu penggunaan listrik untuk aktivitas lain di rumah.

Menurut Gardewa, ada alternatif lain untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan menggunakan water heater low watt atau water heater tipe gas.

“Jika kapasitas listrik di rumah rendah, kamu bisa memakai water heater Ariston yang low watt atau dengan water heater gas yang memakai gas elpiji,” ungkapnya.

4. Pilih produk yang awet dan bergaransi

Pastikan untuk memilih water heater yang memiliki garansi. Hal ini penting agar kamu dapat dengan mudah mengganti produk jika ada masalah atau cacat.

Pilih produk yang terkenal awet dan memiliki masa garansi yang cukup panjang, bisa mencapai 10 tahun atau bahkan seumur hidup.

Pastikan juga bahwa layanan perbaikan dalam masa garansi tidak memerlukan biaya tambahan.

“Untuk mama dan anak, Ariston juga telah menghadirkan produk dengan fitur-fitur modern seperti teknologi AG+ yang dapat menghambat hingga 80 persen pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam tangki pemanas air,” tambah Gardewa.

5. Pastikan keamanan yang memadai

Keamanan merupakan faktor penting dalam memilih water heater. Pastikan water heater yang kamu pilih memiliki sistem keamanan baik. 

Kamu bisa memilih water heater yang memiliki sistem keamanan ganda untuk mengurangi risiko seperti kebocoran gas atau insiden tak diinginkan lainnya. 

Pilihlah water heater yang telah dilengkapi dengan fitur safety system guna menjamin penggunaan yang aman.

Perhatikan juga apakah water heater yang aman untuk digunakan oleh ibu hamil atau anak-anak agar terhindar dari scalding.

Scalding merupakan kondisi yang terjadi ketika kulit terpapar oleh air yang terlalu panas dan
mengakibatkan luka bakar. 

Kulit anak-anak yang lebih sensitif lebih rentan terhadap risiko scalding, sehingga pergi suhu air yang tepat agar keluarga di rumah tetap terjaga dari risiko dan memberikan pengalaman mandi air hangat yang maksimal.

“Oleh karena itu, keamanan sangat penting dalam memilih produk water heater. Untuk mengatasi masalah Scalding, Mama bisa menggunakan produk water heater Ariston yang memiliki fitur scalding prevention, yang fungsinya untuk mencegah panas berlebih,” tutupnya.

Itu tadi tips memilih water heater yang perlu diperhatikan sebelum membeli. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, kamu dapat memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan dan keamanan rumah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *